3 Jenis Oli yang Sering Diganti Pemilik Mobil di Dealer

Oli menjadi salah satu elemen penting pada mobil yang berperan sebagai pelumas mesin. Tidak heran jika Anda pergi ke dealer toyota, banyak menemukan orang sedang mengganti oli mobilnya. Terdapat beberapa jenis oli yang harus seseorang ketahui sebagai pemilik mobil.

Inilah 3 Jenis Oli yang Sering Diganti Pemilik Mobil di Dealer

Beberapa orang mungkin masih bingung mengenai jenis jenis oli pada mobil ini. Ketika ingin mengganti oli mobil Anda harus paham betul mengenai hal ini agar tidak salah menggantinya. Berikut adalah 3 jenis oli yang sering diganti pemilik mobil di dealer.

  1. Oli Mesin

Jenis pertama adalah oli mesin yang paling sering pemilik mobil dengar. Oli satu ini memiliki peran penting untuk melumasi bagian bagian penting mobil. Khususnya pada mesin mobil harus selalu pemilik ganti olinya.

Oli ini setidaknya harus pemilik mobil ganti pada kisaran kilometer dari 5.000 sampai dengan 10.000 kilometer. Secara umum dalam 6 bulan sekali seseorang harus menggantinya agar performa mesin tetap dalam kondisi terbaik.

  1. Oli Transmisi

Selanjutnya ada oli transmisi yang juga hadir dengan fungsinya sendiri. Oli transmisi memiliki fungsi sebagai pelumas dalam sistem transmisi gear mobil. Apabila rutin mengganti pelumas ini maka perpindahan gigi akan semakin halus.

Jenis oli transmisi terbilang cukup kental. Oli ini sangat penting dalam memberikan pelumas pada area bearing dan gear. Biasanya oli transmisi pemilik mobil ganti setiap 10.000 kilometer. Sebelum pergi ke dealer toyota jakarta, pastikan Anda mengetahui hal ini terlebih dahulu.

  1. Oli Gardan

Selanjutnya ada oli gardan yang juga punya fungsi krusial. Oli gardan sering orang sebut juga differential karena berperan sebagai pelumas gigi pada gardan. Tugas lainnya adalah melindungi pinion gear agar tidak langsung bergesekan dengan bearing.

Setidaknya pemilik mobil mengganti oli gardan setiap jarak 40.000 kilometer. Indikator lainnya yang bisa menjadi pertanda kapan Anda harus mengganti oli gardan adalah ketika ada bunyi atau dengungan saat mobil berbelok.

Demikian informasi mengenai 3 jenis oli yang sering diganti pemilik mobil di dealer. Memahami jenis atau varian dari oli ini sangat berguna ketika Anda ingin melakukan service agar tidak salah dalam menggantinya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *